Kamis, 14 April 2011

Membuat Mobile Games Space Meteor dengan J2ME



Pusat studi gunadarma



Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan mobile games dengan menggunakan J2ME

Software yang dibutuhkan yaitu:
  • J2SE SDK
  • J2ME WIRELESS TOOLKIT
  • Notepad


Gambaran umum permainan

Permainan Space Meteor ini adalah suatu permainan yang memiliki tampilan grafik, audio dan interaksi yang ditampilkan secara dua dimensi. Tampilan grafiknya berupa background luar angkasa yang dipenuhi dengan bintang. Disini akan terlihat sebuah pesawat luar angkasa yang akan dihujani oleh meteor-meteor. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu pemain saja.

Adapun cara memainkan permainan Space Meteor ini ialah dengan menembaki meteor-meteor yang ada. Jika peluru yang ditembakkan mengenai meteor, maka scorenya akan bertambah seratus (100) point. Sedangkan jika mengenai atau tertabrak oleh meteor, maka power pesawat akan berkurang. Apabila power pesawat habis, maka permainan akan berakhir

Langkah-langkah Pembuatan Permainan

Install software J2SE SDK

Untuk membangun MIDlet, dibutuhkan J2SE SDK. Terdapat dua buah alasan mendasar mengapa diperlukannya meng-install J2SE SDK terlebih dahulu. Pertama, J2SE SDK menyediakan platform yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan J2ME Wireless Toolkit. Dengan kata lain, tanpa adanya J2SE SDK di dalam komputer kita, maka J2ME Wireless Toolkit tidak mungkin bisa dijalankan. Dan alasan yang kedua adalah karena J2SE SDK memiliki compiler (Java Compiler) untuk melakukan kompilasi terhadap proyek-proyek aplikasi yang dibuat di dalam J2ME.

Install software J2ME Wireless Toolkit

Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi software J2ME Wireless Toolkit, yaitu sekumpulan alat bantu yang digunakan untuk membangun dan mencoba jalannya aplikasi-aplikasi MIDP. Untuk memudahkan, J2ME Wireless Toolkit ini dapat dianggap sebagai sebuah miniatur IDE (Integrated Development Environment).

Setelah kedua software tersebut ter-install dengan benar, maka untuk menjalankan aplikasi ini, Buka Wireless Toolkit 2.5.2 melalui jendela windows (Start – AllProgram – Sun Java(TM) Wireless Toolkit 2.5.2 for CLDC - Wireless Toolkit 2.5.2 ). Seperti gambar berikut ini :

Setelah itu akan muncul tampilan dari Wireless Toolkit 2.5.2 tersebut seperti terlihat pada gambar di bawah.

Lalu buat sebuah project baru dengan memilih menu File - New Project, maka akan muncul kotak dialog yang berfungsi untuk mengisikan nama project dan nama kelas dari MIDlet yang akan dibuat sesuai dengan keinginan, seperti yang ditunjukkan oleh gambar

Setelah itu, pilih tombol Create Project, toolkit mengizinkan untuk mengubah setting dari projek yang akan dibuat. Berikut gambar yang mewakili form setting yang akan ditampilkan.

Untuk settingan saat ini buat semua dalam keadaan default yang diberikan. Pilih tombol OK untuk mengakhirinya dan akan terlihat pesan yang ditampilkan pada panel toolkit, yang berisi teks pada gambar berikut.


J2ME Wireless Toolkit akan menyimpan project tersebut ke dalam direktori Project1 dan ditempatkan di dalam direktori apps, yaitu direktori yang terdapat pada software J2ME. Jadi apabila instalasi J2ME dilakukan di dalam drive C, maka direktori yang akan terbentuk adalah C:\WTK22\apps\Project1. setiap project yang dibuat secara otomatis akan membentuk sebuah struktur direktori standar sebagai penyimpan file-file pendukung yang diperlukan oleh project yang bersangkutan. Adapun struktur direktori yang dimaksud adalah seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

Editor Penulisan Kode Program

Setelah penulis membuat project pada Wireless Toolkit untuk penulisan kode program penulis menggunakan editor teks Notepad Berikut tampilannya pada gambar

Uji Coba Aplikasi (Implementasi)

Setelah langkah pembuatan selesai dilanjutkan dengan uji coba program (Implementasi). Uji coba dilakukan dengan me-run program yang telah dibuat tadi pada program Wireless toolkit 2.5.2.

Setelah project yang tadi di run, maka akan tampil nama kelas MainMidlet beserta satu tombol Launch yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Setelah tombol launch ditekan, maka permainan dimulai dan telah siap dimainkan.

Penginstalan Program Ke Dalam Handphone

Agar program yang tadi kita buat dapat di instal ke handphone, kita terlebih dahulu membuat project tersebut ke bentuk JAR dan JAD. Dengan cara pilih Project – Package – Create Package seperti pada gambar

Setelah project berhasil di buat ke bentuk JAR , maka tampilannya akan ada di directory C:\...\j2mewtk\2.5.2\apps\SpaceMeteor\bin seperti pada gambar